Tuesday 26 May 2009

jadi intinya SAYA HARUS BANYAK MEMBACA.

yaah. saya bukan orang yang bisa berargumen dengan fakta-fakta yang aktual. untuk memberikan suatu pendapat, saya hanya menggunakan hati nurani yang mengatakan "benar" atau "salah". mungkin, sekali lagi, mungkin, argumen yang saya lontarkan memang baik dalam penyampaian, tapi ketika sudah merambat ke sesuatu yang lebih berat...KO. saya tidak mengerti apa-apa.

ingin rasanya seperti anggota-anggota klub debat yang mampu berpendapat dan mengembangkan pendapatnya dengan hal-hal yang riil, dengan pengetahuan yang luas. aah. ingin sekali.

adu mulut. mungkin saya bisa. tapi jika adu mulut itu sudah merambah ke hal-hal yang berbau science, economics dan politics. saya angkat tangan. yup. i surrender.

dulu, sekali lagi, dulu, saya sempat berada di dalam lingkungan orang-orang yang seperti itu. sulit sekali untuk beradaptasi, karena saya sendiri sering tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. too high. terlalu tinggi untuk saya. suatu saat saya pernah latihan debat dengan mereka, di akhir latihan, saya diberikan nilai paling buruk oleh penonton (yang merupakan anggota tim debat juga). kemudian kepada senior, saya bertanya, "saya punya masalah, ketika sedang berdebat, saya sering merasa kesulitan untuk mengeluarkan pendapat saya" si senior berkata "kamu jarang membaca, try to read a more". yup. saya tau sebenarnya kelemahan saya yang itu, saya jarang membaca koran, bukan karena koran tidak tersedia, tetapi saya cepat merasa bosan dengan tulisan kecil tanpa gambar.

haaah. resolusi untuk liburan ini : baca koran, gali pengetahuan umum!!

No comments:

Post a Comment